Siapa yang tidak memiliki Facebook? Facebook merupakan media sosial yang sudah tua, yang jauh sudah ada sebelum adanya instagram. Dengan konsep dan nama baru facebook berusaha membenahi diri, sehingga akan dapat mengundang pengunjung untuk aktif kembali ke Facebook. Karena adanya instagram yang memiliki tampilan lebih kekinian dan akses lebih mudah, perlahan - lahan Facebook di tinggalkan, Oleh sebab itu pemilik Facebook Mark Zuckeberg melakukan pembaharuan kembali pada Facebook.
Facebook menambahkan fitur monetasi di grup, sehingga memungkinkan masyarakat dapat menghasilkan uang dengan fitur konten iklan, langganan penggemar, influencer brand, dan grup langganan, dari melakukan postingan dan konten. Setiap pengguna dapat memonetisasi konten dari Facebooknya tetapi terdapat sejumlah aturan dari Facebook yang harus dipatuhi oleh pengguna. Ada cara dan syarat agar pengguna dapat memonetasi Facebooknya yakni :
Cara agar Facebookmu di monetisasi : Dengan membuat
1. Iklan in Stream yakni dengan membuat konten iklan pendek yang dapat kalian tempatkan di awla maupun di tengah ataupun akhir konten yang anda buat. Biasanya iklan ini cocok untuk video yang durasinya panjang.
2. Langganan Penggemar yakni dengan layanan ini Facebook memberikan tanda khusus bagi yang melakukan langganan konten anda, metode ini cocok bagi orang yang memiliki pengikut yang bayak dan pengikutnya semua aktif.
3. Konten bermerek yakni dengan melakukan konten bermerek kita akan mendapatkan monetisasi dengan melakukan kerjasama antara kreator dengan pemilik brand bisnis tersebut.
4. Grup Langganan yakni monetisasi dengan cara memanfaatkan admin grup untuk menjaga eksistensi grup dengan berlangganan konten - konten grup tersebut.
Aspek kelayakan konten di Facebook yang harus kalian ketahui :
1. Buka halaman Creator Facebook, maka akan muncul
Sementara tersebut Facebook mengizinkan admin grup untuk mengatur pengiklanan secara gratis dan versi berbayar, dengan fitur tersebut maka diharapkan perusahaan untuk membuat pengenalan / pengiklanan produknya dengan berbasis langganan. Facebook juga telah mempromosikan langganan sebagai cara bagi pembuat konten untuk menghasilkan uang, baik dengan buletin atau langganan penggemar. Didalam sebuah komunitas grup langganan dimaksudkan untuk memungkinkan akses ke konten eksklusif / konten khusus contohnya seperti "pelatihan, seminar, bincang-bincang". Di Facebook diharapakan para pembisnis memakai fitur berbayar, tetapi banyak yang sudah melakukan penjualan barangnya / jasanya dengan fitur gratis.
Selain fitur monetisasi, Facebook juga melakukan pembaharuan lain yakni :
1. Fitur kustomisasi yang memungkinkan admin mengubah warna latar belakang, jenis font dan aspek yang berhubungan dengan tampilan.
2. Obrolan Komunitas memberikan kemudahan bagi admin dan moderator grup agar saling terkoneksi. Dan juga dengan terkoneksi maka admin dapat menyematkan konten di grup.
Rencana dari Facebook untuk menguji serangkaian fitur baru yang dapat menyederhanakan grup dan halaman. Sehingga admin akan terbantu dengan kemudahan fitur tersebut dalam mengelolah grup dan halaman terkait. Tetapi ini masih belum jelas, karena masih dalam tahap pengujian untuk memastikan fitur tersebut dapat bekerja dengan baik. Dan juga kedepannya Facebook mengharapkan adanya fitur - fitur khusus grup seperti alat moderasi di dalam halaman sehingga admin memiliki akses dengan menggunakan suara dalam berinteraksi dalam suatu komunitas grup.
Semoga rencana dari Facebook ini bisa terlaksana dengan baik sehingga kita dapat memanfaatkan fitur - fitur Facebook di kemudian hari.
Dasar materi : https://www.engadget.com/ dan https://www.cnnindonesia.com/
SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA BERMANFAAT
0 Comments:
Post a Comment